Pengaruh Media Virtual Reality terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jember

Authors

  • Andining Dewi Sekar Langit Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/sj.v1i3.10

Keywords:

Media, Virtual Reality

Abstract

Virtual reality adalah teknologi yang menggunakan perangkat elektronik canggih untuk menciptakan lingkungan yang terlihat nyata, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan tersebut. Metode yang  digunakan adalah pre- experiment dengan tipe one group pretest-posttest design. Perlakuan melalui penerapan media virtual reality tanpa memakai kelas kontrol sehingga terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (media virtual reality) dan variabel terikat (keterampilan berpikir kreatif siswa SD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media virtual reality terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SD. Dengan demikian, media ini dianggap efektif sebagai media pembelajaran IPA siswa SD

References

Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, R., Hartino, A. T., & Eska, P. U. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. In Semnas FKIP 2021, Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung16 Februari 2021, Bandar Lampung. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32006

Aini, N. N., Azizah, M., & Thohir, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2), 267-275. http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8611 Arini, R. E. (2023). Merangkul Teknologi: Mengintegrasikan Realitas Virtual Dalam Pengalaman Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan West Science, 1(6), 354. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/458/338

Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091 .

Eldiana, V., D. S. Saputra, & S. V. Susilo. (2022). Implementasi media Virtual Reality Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 4, 310. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/811

Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality And Virtual Reality In Education. Myth Or Reality? International Journal Of Emerging Technologies In Learning, 14(3), 235–236. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289

Fatimah, W., A. M. Iskandar, P. B. Abustang, & M. S. Rosarti. (2022). Media pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya Terhdap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287

Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 44-58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424

Quraisy, A. (2020). Normalotas Data Menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov Dan Shapiro-Wilk. Journal Of Helt, Education, Economics, Science, And Technology, 3(1), 9 https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3025542

Rizal, A. S. (2022). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 12–14. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Sulaeman, A., Darodjat, D., & Makhrus, M. (2020). Information and Communication Technology dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 81-95. http://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.7258

Sunandi, I., Juliati, J., Hermawan, W., & Ramadhan, G. (2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3046-3054. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.9706

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual reality untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1). http://dx.doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Langit, A. D. S. (2024). Pengaruh Media Virtual Reality terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jember . Scientificum Journal, 1(3), 101–110. https://doi.org/10.37985/sj.v1i3.10

Issue

Section

Articles

Citation Check