Implementasi Kebijakan Full Day School di MTs Negeri 12 Tabalong
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i4.17Abstract
Full day school merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan waktu belajar selama 10-11 jam dalam sehari dan sistem full day school ini merupakan program pemerintah, program ini menerapkan sistem pembelajaran secara intensif yaitu dengan memberikan waktu khusus selama lima hari untuk pendalaman materi dan satu hari untuk kegiatan ekstrakulikuler. Melalui penyediaan waktu belajar yang lebih lama sehingga proses pembinaan karakter dalam diri peserta didik akan lebih optimal. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yang memberikan gambaran tentang implementasi full day school dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTsN 12 Tabalong telah melaksanakan full day school sejak Juli 2023. Tantangan yang dihadapi selama implementasi full day ini dilaksanakan antara lain kondisi siswa yang jenuh, guru yang mengalami kelelahan, dan persediaan makanan yang tidak mencukupi. Adapun solusi untuk mengatasi beberapa kendala tersebut antara lain dengan memberikan dukungan emosional kepada murid, memberikan dukungan motivasi kepada guru dan memberikan fasilitas senyaman mungkin, serta untuk persediaan makanan kepala sekolah MTsN 12 Tabalong telah berkoordinasi dengan para pedagang yang berjualan di lingkungan sekolah. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang implementasi full day school di MTsN 12 Tabalong.
References
Andriani, Riris, Sholeh Hidayat, and Lukman Nulhakim. 2022. “Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Analysis of Full Day School Implementation As Student Character Forming Effort.” JUTENSIA (Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia) 1: 1–9.
Baharuddin, Baharuddin, and Saidang Saidang. 2020. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di SDN No. 39 Cakke.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4(2): 189–204.
Dr. Bambang Supradi, M.P.E.D.N.S.P.I.S.E.S.S.H.M.S.M.H.M.P. TRANSFORMASI RELIGIUSITAS MODEL FULL DAY SCHOOL. guepedia.
Hidayah, Nurul, Uci Ulfa, and Arifian Dimas. 2023. “GLOBAL EDUCATION Analisis Sistem Pembelajaran Full Day School Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV SD Luqman Al Hakim Ngawi Tahun.” Global Education Journal 1(4): 99–113.
Nasihi, Achmad, and Tri Asihati Ratna Hapsari. 2022. “Monitoring Dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan.” Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) 1(1): 77–88. https://journals.eduped.org/index.php/intel/article/view/112.
Rahmi Anggun Pratiwi, and Alfi Rahmi. 2023. “Dampak Full Day School Terhadap Konsetrasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Pariaman.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan 1(1): 105–12.
Rezki, Wella. 2020. “Analisis Penerapan Full Day School Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Basic Education Research 1(1): 21–28.
Setiawan, Bagus, and Iqbal Fawaidhul Muhsinin. 2023. “Manajemen Program Boarding School Pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Literatur.” Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo 4(3): 257–65.
Siregar, Achmad Zulfikar. 2021. “Manajemen Full Day School Di SMA As Safi’iyah Medan.” ALACRITY : Journal of Education 1: 53–62.
Zakariya, Fauziah. 2023. “Full Day School Dalam Pembinaan Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1(2): 337–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Lia Lia, Muhammad Fiqri Arrahman, Muhammad Nizar Zulmi, Nurhalisa Nurhalisa, Nurjannah Nurjannah, Saufiah Saufiah, Bagus Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).