Penerapan Relistic Matematics Education untuk Meningkatkan Belief Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmi Syah Fitri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Belief matematika pada siswa kelas V UPT SDN 012 Salo. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan penelitian ini untuk penerapan peningkatan belief matematika & disposisi matematika dengan menggunakan pendekatan RME pada siswa kelas V SDN 012 Salo. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal  24 s/d 30 Mei 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 19 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 6 orang, dan siswa perempuan 13 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa belief matematika dengan pendekatan (RME) Hasil angket belief siklus I presentase rata-rata 49,42% dengan kategori rendah. Hasil angket belief siklus II dapat dilihat belief  matematika  siswa presentase rata-rata 57,84% dengan kategori rendah. Hasil angket belief siklus III dilihat belief  matematika  siswa dengan jumlah rata-rata 75,58% dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan (RME) dapat meningkatkan belief matematika siswa kelas V UPT SDN 012 Salo

References

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Keyakinan ( Belief ) Siswa. 5(1), 17–28.

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi (Suryani (Ed.); 1st Ed.). Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741–748. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.796

F. Anita Rahmatunisa, F. D. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Melalui Perangkat Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Peka (Pendidikan Matematika), 3(2), 54–59. Https://Doi.Org/10.37150/Jp.V3i2.787

Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika Dan Belief

M. Asrina, M. P. (2022). Studi Literatur Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(2),

Safera, R., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2015). Pengaruh Pendekatan Konstektual Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Dan Belief Siswa

Zhafirah, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Universitas Negeri Makassar, 1–11.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Fitri, R. S. (2024). Penerapan Relistic Matematics Education untuk Meningkatkan Belief Matematika di Sekolah Dasar. Scientificum Journal, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.2

Issue

Section

Articles

Citation Check