Penerapan Relistic Matematics Education untuk Meningkatkan Belief Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.2Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Belief matematika pada siswa kelas V UPT SDN 012 Salo. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan penelitian ini untuk penerapan peningkatan belief matematika & disposisi matematika dengan menggunakan pendekatan RME pada siswa kelas V SDN 012 Salo. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 30 Mei 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 19 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 6 orang, dan siswa perempuan 13 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa belief matematika dengan pendekatan (RME) Hasil angket belief siklus I presentase rata-rata 49,42% dengan kategori rendah. Hasil angket belief siklus II dapat dilihat belief matematika siswa presentase rata-rata 57,84% dengan kategori rendah. Hasil angket belief siklus III dilihat belief matematika siswa dengan jumlah rata-rata 75,58% dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan (RME) dapat meningkatkan belief matematika siswa kelas V UPT SDN 012 Salo
References
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Keyakinan ( Belief ) Siswa. 5(1), 17–28.
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi (Suryani (Ed.); 1st Ed.). Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741–748. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.796
F. Anita Rahmatunisa, F. D. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Melalui Perangkat Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Peka (Pendidikan Matematika), 3(2), 54–59. Https://Doi.Org/10.37150/Jp.V3i2.787
Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika Dan Belief
M. Asrina, M. P. (2022). Studi Literatur Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(2),
Safera, R., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2015). Pengaruh Pendekatan Konstektual Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Dan Belief Siswa
Zhafirah, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Universitas Negeri Makassar, 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rahmi Syah Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).