Peningkatan Disposisi Matematis melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.4Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disposisi matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V UPT SDN 018 Langgini Kec. Bangkinang pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 8 orang siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan disposisi matematis dengan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan disposisi matematis materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas V UPT SDN 018 Langgini pada siklus 1 sebanyak 47% pada kategori sedang dan mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan perolehan sebanyak 57% pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan disposisi matematis pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas V UPT SDN 018 Langgini.
References
Agustin, J. T., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Pada Siswa Kelas Iii Sdn Perumnas 1 Kota Tangerang (Vol. 4).
Amlia, Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik ( Pmr ) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.846
Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 3(2), 126–135.
Apiati, V. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa. Jurnal Siliwangi, 3(2), 270–273.
Aprinawati, I. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasisiswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54–67.
Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151–158.
Delviani, D. F., Djumhana, N., & Rengganis, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 311–319.
Fadhilaturrahmi. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 117–127. Https://Doi.Org/10.23819/Mimbar-Sd.V4i2.7385
Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pendahuluan. Powermathedu, 01(01), 69–82.
Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Ctl Dan Bbl. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97–112. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V1i1.1029
Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. Https://Doi.Org/10.17509/Mimbar-Sd.V3i1.2355
Handayani, N. (2020). Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 96–105. Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V8i1.6931
Lestari, G. P., Zamzaili, & Haji, S. (2022). Pengaruh Self Efficacy, Disposisi Matematis, Dan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Jurnal Didactical Mathematics, 4(2), 339–412.
Lubis, R. Q., & Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Rme (Realistic Mathematic Education) Terhadap Disposisi Matematis Siswa Smp Negeri 10. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 2(2), 71–75.
Mardiah, Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., F, F., & Desyandri. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513–521.
Marta, R. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 018 Langgini. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 7–14.
Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kepercayaan Diri Matematis Mahasiswa. Jurnal Siliwangi, 2(2), 111–116.
Nurhaswinda. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Berbantuan Kalkulator Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Palimanan Barat, Cirebon. Jurnal Basicedu, 3(2), 422–427.
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self- Confidence Siswa Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plus Minus Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290.
Salam, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Komunikasi Matematis. 20(2), 108–116.
Savitri, Y. A., & Rochmad. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, And Extending. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 29–38.
Supriatna, I., & Lusa, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sd Melalui Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Dan Repetition. Attadib: Journal Of Elementary Education, 4(1), 36–43. Https://Doi.Org/10.32507/Attadib.V4i1.628
Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Melalui Model Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Siswa Kelas Iv Semester I Di Sd Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pinus, 4(1), 44–53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Selvi Nurjanati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).