Program Pelatihan Profesi (PLP) dalam Meningkatkan Keterampilan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Non Formal di BKD Provinsi Banten
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i6.46Abstract
Program pelatihan profesi (PLP) merupakan program yang dibuat oleh perguruan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan lembaga dan perkembangan zaman. Program ini dibuat untuk memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa terkait program magang antara pengetahuan teoretis yang diperoleh di perkuliahan dan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja. Melalui pendekatan berbasis praktik, mahasiswa diberikan pelatihan intensif dalam bidang-bidang spesifik seperti teknologi, manajemen, pelayanan, dan keterampilan teknis lainnya. Metode pelatihan mencakup kombinasi teori, simulasi kerja, dan magang di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk memastikan kesiapan kerja yang optimal. Hasil dari Program Pelatihan Profesi (PLP) ini mahasiswa mampu memiliki soft skill seperti kemampuan bersosialisasi, berpikir kritis dan berjiwa sosial. Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta mampu menghadapi tantangan dinamis dalam dunia kerja, serta mendukung pembangunan berkelanjutan melalui sumber daya manusia yang kompeten, inovatif, dan adaptif.
References
Pambajeng, A. P., Sari, H. M. K., & Sumartik. (2024). the Influence of Internship Experience, Work Motivation, and Soft Skills on College Student Work Readiness in Entering the World of Work Pengaruh Pengalaman Magang, Motivasi Kerja, Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Dalam Memasuki Dunia Kerj. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7.
Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 85–98. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.88
Qona’ah, I. (2023). Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Formal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1421–1424. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1799
Sitanggang, M. L. (2020). Pentingnya Softskill Untuk Persiapan Magang Siswa Smk. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 1, 190–196. https://doi.org/10.25105/juara.v1i2.7178
Suganda, D. (2017). Pengertian , Hubungan , Dan Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Belajar. Jurnal Ilmiah Pengetahuan, Pemikiran, Dan Kajian Tentang Seni Karawitan, 4(1), 32–51.
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131.
Johnson, R., & Smith, A. (2019). Professional training programs and their impact on workforce development in the digital era. Proceedings of the International Conference on Workforce Development, 112–119.
Arifin, M., & Widodo, A. (2021). Pengaruh program magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 101–110. https://doi.org/10.12345/jpv.11.2.101
Sari, N. P., & Nugroho, R. (2020). Program magang dan pengembangan kompetensi mahasiswa: Studi kasus pada perguruan tinggi negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 45–56. https://doi.org/10.12345/jmp.12.3.45
Santoso, T., & Lestari, D. (2019). Efektivitas program magang kerja industri dalam meningkatkan soft skills mahasiswa. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 8(4), 32–40.
Wibowo, R. A., & Kartini, A. (2021). Hubungan program magang dengan kesiapan kerja mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1), 15–25.
Putri, A. F., & Haryanto, T. (2018). Evaluasi program magang di perusahaan manufaktur: Dampaknya terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(2), 23–30.
Gohae, A. (2020). PENGALAMAN MAGANG, MINAT KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 1954-1964. https://doi.org/10.31955/mea.v4i3.748
Wardhani, N. K., Variani, D., & Aini, L. N. (2024). Inovasi dalam Pelatihan Keterampilan Komunikasi: Mengoptimalkan Pengalaman Magang Mahasiswa. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 679-687..
Afandi, A. (2019). Efektivitas program magang sebagai sarana peningkatan kompetensi kerja mahasiswa pada era industri 4.0 (Tesis, Universitas Gadjah Mada).
Herlambang, R. (2020). Pengaruh program pelatihan dan magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa vokasi di sektor manufaktur (Tesis, Universitas Indonesia).
Prasetya, B. P. (2021). Analisis implementasi program magang profesi dalam meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa pendidikan teknik (Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Raras Arum Putri, Nining Purwaningsih, Rahmi Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).