Peningkatan Belief Matematis dengan Menerapkan Pendekatan Open-Ended di Sekolah Dasar

Authors

  • Rizka Dwi Mulyani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keyakinan diri atau belief matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 014 Kumantan Kec. Bangkinang Kota pada tahun ajaran 2022/2023.. Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan peningkatan belief matematis dengan materi keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan pendekatan Open-ended. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatan angket belief matematis pada siklus I tergolong rendah 65%, pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 79% tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Open-ended dapat meningkatkan belief matematis siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV UPT SDN 014 Kumantan

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd. 9(2), 123–134. Ttp://Dx.Doi.Org/10.22202/Jp.2017.V9i2.1900

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Pt. Bumi Aksara.

Fauzi, K. M. A., & Firmansyah. (2008). Pembentukan Belief Siswa Melalui Kemandirian Belajar Matematika Di Sekolah. 1–10.

Feist, G. J., & Feist, J. (2010). Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 2. Salemba Humanika.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 45–54.

Masturoh, T. (2020). Hubungan Antara Beliefs Matematika Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifudin.

Safera, R., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2014). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Belief Siswa.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 Langgini Kabupaten Kampar. 1(1), 38–53.

Suryani, L., & Habibi, I. (2023). Hubungan Antara Habits Of Mind Dan Keyakinan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. 6(1), 27–36.

Wahyuni, D., Ariani, N, M., & Syahbana, A. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Beliefs Siswa Pada Pembelajaran Open-Ended Dan Konvensional. Jurnal Edumatica, 03(April), 35–41.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Mulyani, R. D. (2024). Peningkatan Belief Matematis dengan Menerapkan Pendekatan Open-Ended di Sekolah Dasar. Scientificum Journal, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.7

Issue

Section

Articles

Citation Check