Peningkatan Belief Matematis dengan Menerapkan Pendekatan Open-Ended di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.7Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keyakinan diri atau belief matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 014 Kumantan Kec. Bangkinang Kota pada tahun ajaran 2022/2023.. Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan peningkatan belief matematis dengan materi keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan pendekatan Open-ended. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatan angket belief matematis pada siklus I tergolong rendah 65%, pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 79% tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Open-ended dapat meningkatkan belief matematis siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV UPT SDN 014 Kumantan
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd. 9(2), 123–134. Ttp://Dx.Doi.Org/10.22202/Jp.2017.V9i2.1900
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Pt. Bumi Aksara.
Fauzi, K. M. A., & Firmansyah. (2008). Pembentukan Belief Siswa Melalui Kemandirian Belajar Matematika Di Sekolah. 1–10.
Feist, G. J., & Feist, J. (2010). Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 2. Salemba Humanika.
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 45–54.
Masturoh, T. (2020). Hubungan Antara Beliefs Matematika Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifudin.
Safera, R., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2014). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Belief Siswa.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 Langgini Kabupaten Kampar. 1(1), 38–53.
Suryani, L., & Habibi, I. (2023). Hubungan Antara Habits Of Mind Dan Keyakinan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. 6(1), 27–36.
Wahyuni, D., Ariani, N, M., & Syahbana, A. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Beliefs Siswa Pada Pembelajaran Open-Ended Dan Konvensional. Jurnal Edumatica, 03(April), 35–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rizka Dwi Mulyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).