Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Negeri Kamal 2 Arjasa: Budaya Literasi dan Numerasi, Teknologi, dan Administrasi

Authors

  • Andining Dewi Sekar Langit Universitas Jember, Indonesia
  • Muhammad Nur Khatir Ismail Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/sj.v1i3.9

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi Program Kampus Mengajar di SDN Kamal 2 Arjasa dengan fokus budaya literasi dan numerasi, teknologi, dan administrasi. Program Kampus Mengajar telah menjadi salah satu inisiatif yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana Program Kampus Mengajar telah diimplementasikan di SDN Kamal 2 Arjasa dan dampaknya terhadap pengembangan budaya literasi dan numerasi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, serta perbaikan administrasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan  dokumen. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang implementasi Program Kampus Mengajar di tingkat sekolah dasar

References

Amran, M., Irfan, M., Muslimin, & Ali, L. (2024). Pendampingan Melalui Program Kampus Mengajar Di Upt Sd Negeri 37 Barru, Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jurnal akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdianorientasi Masyarakat, 1(3), 113–116. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.821

Basyar, S. (2020). Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ri’ayah, 5(1), 97. Https://Doi.Org/10.21580/Economica.2013.4.1.774

Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. Https://Doi.Org/10.17977/Um038v5i12022p091

Mowata, Y. A., Molina, J. I., & Loban, J. M. (2023). Pendampingan Belajar Untuk Peningkatan Numerasi di SMP Kristen 03 Kalabahi dalam Masa Penugasan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan IV. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 2(1), 83-89. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1681

Noerbella, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i2.2087

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. Https://Doi.Org/10.31539/Kaganga.V6i2.7164

Fitriah, D., & Mirianda, U. M. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2982

Putri, T. O., Puspita, E., & Linawati. (2022). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Dalam Kegiatan Mengajar, Adaptasi Teknologi Dan Administrasi Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Mlandangan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 696–698. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.713

Sitopu, J. W. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Di Sdit Ashabul Kahfi Kabupaten Deliserdang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 39-47. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5362

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 104–107. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tambunsaribu, G. (2023). Permasalahan Dan Solusi Yang Dilakukan Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 1124–1136. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V10i2.966

Wirawan, P., & Hidayat, A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Ppa Io 991 Welas Asih Semarang). In Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(2), 1-8. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Zulherman, Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application For Elementary School. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 760. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V10i4.29429

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Langit, A. D. S., & Ismail, M. N. K. (2024). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Negeri Kamal 2 Arjasa: Budaya Literasi dan Numerasi, Teknologi, dan Administrasi. Scientificum Journal, 1(3), 123–137. https://doi.org/10.37985/sj.v1i3.9

Issue

Section

Articles

Citation Check