Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Negeri Kamal 2 Arjasa: Budaya Literasi dan Numerasi, Teknologi, dan Administrasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i3.9Abstract
Penelitian ini menganalisis implementasi Program Kampus Mengajar di SDN Kamal 2 Arjasa dengan fokus budaya literasi dan numerasi, teknologi, dan administrasi. Program Kampus Mengajar telah menjadi salah satu inisiatif yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana Program Kampus Mengajar telah diimplementasikan di SDN Kamal 2 Arjasa dan dampaknya terhadap pengembangan budaya literasi dan numerasi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, serta perbaikan administrasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumen. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang implementasi Program Kampus Mengajar di tingkat sekolah dasar
References
Amran, M., Irfan, M., Muslimin, & Ali, L. (2024). Pendampingan Melalui Program Kampus Mengajar Di Upt Sd Negeri 37 Barru, Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jurnal akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdianorientasi Masyarakat, 1(3), 113–116. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.821
Basyar, S. (2020). Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ri’ayah, 5(1), 97. Https://Doi.Org/10.21580/Economica.2013.4.1.774
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. Https://Doi.Org/10.17977/Um038v5i12022p091
Mowata, Y. A., Molina, J. I., & Loban, J. M. (2023). Pendampingan Belajar Untuk Peningkatan Numerasi di SMP Kristen 03 Kalabahi dalam Masa Penugasan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan IV. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 2(1), 83-89. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1681
Noerbella, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i2.2087
Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. Https://Doi.Org/10.31539/Kaganga.V6i2.7164
Fitriah, D., & Mirianda, U. M. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2982
Putri, T. O., Puspita, E., & Linawati. (2022). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Dalam Kegiatan Mengajar, Adaptasi Teknologi Dan Administrasi Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Mlandangan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 696–698. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.713
Sitopu, J. W. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Di Sdit Ashabul Kahfi Kabupaten Deliserdang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 39-47. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5362
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 104–107. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tambunsaribu, G. (2023). Permasalahan Dan Solusi Yang Dilakukan Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 1124–1136. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V10i2.966
Wirawan, P., & Hidayat, A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Ppa Io 991 Welas Asih Semarang). In Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(2), 1-8. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Zulherman, Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application For Elementary School. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 760. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V10i4.29429
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Andining Dewi Sekar Langit, Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).