Strategi Pemasaran Jamu Tradisional di Masa Pandemi Covid-19 Pada Penjual Jamu Gendong di Kelurahan Tanjung Pinang Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i5.31Keywords:
Strategi Pemasaran, Jamu, Covid-19Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan yaitu: (1) Strategi pemasaran yang dilakukan penjual jamu gendong untuk memasarkan produknya yaitu dengan menggunakan strategi pemasaran marketing mix. (2) Adapun kendala yang dihadapi penjual jamu di masa pendemi covid-19 yaitu adanya tempat berjualan yang terkena penutupan dikarenakan kebijakan pemerintah yang melarang adanya kerumunan. Sifat jamu yang cair dan ketahanan jamu yang tidak dapat bertahan lama untuk disimpan. Kemasan yang digunakan tidak cukup menarik untuk dipasarkan secara online. Serta adanya perubahan sistem pemasaran secara digital guna menghindari kontak langsung
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.
Anggraini, M., Mubyarto, N., Anita, E., & Munsarida. (2023). Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Pondok Cik Roza Kelurahan The Hok. Jurnal Makesya, 3(1).
Arima, R. (t.t.). Strategi Berdagang Para Pedagang Jamu Di Kota Tanjungpinang.
Martaliah, N., Rezeki, S., & Anita, E. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Produk Makanan Ringan Impor (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi). 2(1), 331–341.
Nuringsih, K. (2013). Pemberdayaan Usaha Mikro berbasis jamu sebagai bentuk ketahanan ekonomi masyarakat. Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia Antara Peluang dan Tantangan, Universitas Terbuka.
Purwana, D., & Hidayat, N. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. PT. RajaGrafindo Persada.
Putika, L., Usdeldi, & Orinaldi, M. (2024). Strategi Pemasaran UMKM Pada Kopi Bubuk Kawan Di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13778–13788.
Rahmawati. (2021). Strategi Pemasaran Pada Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Analisis SWOT Untuk meningkatkan Penjualan Produk Motor Honda Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada PT. Tunas Honda Pajar Bulan Lampung Barat).
Siregar, N., & Wakhyuni, E. (2017). Strategi Pemasaran Jamu Tradisional Kelompok Wanita Di Desa Sei Rotan Dusun X Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Seminar Nasonal dan Gelar Produk.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Data R&D. CV. Alfabeta.
Susilowati, N. (2020). Produktivitas Jamu Pada Masyarakat Argomulyo Di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 17(2).
Tedjalaksana, V., & Trimo, L. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Digital UMKM Produk Herbal Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Masyarakat, 8(2).
Zainal, V. R., Djaelani, F., Basalamah, S., Leila Yusran, H., & Veithzal, A. P. (2017). Islamic Marketing Management. PT. Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dian Permata Sari, Ambok Pangiuk, Muhammad Subhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).