Analisis Laboratorium Biologi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i4.19Keywords:
High, School,, Biology,, Laboratory, AnalysisAbstract
Kegiatan pendidikan termasuk sangat erat hubungannya dengan berbagai macam sumber untuk digunakann dalam belajar pada proses pembelajaran. Belajar merupakan suatu proses, tahap atau bagian yang sangat bermanfaat bagi diri seseorang, hal ini dikarenakan bertujuan untuk mengubah pola pikir dan sikap diri seseorang, maka akan menimbulkan tindakan orang tersebut dalam melakukan kegiatan belajar dengan cara menyesuaikan diri dengan lingkungannya belajar (Harefa et al., 2021). Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan Guru yang terdapat di sekolah SMA Negeri 4 Pematangsiantar dapat diketahui bahwa permasalahan yang dihadapi oleh para Guru, laboratorium yang terdapat berbagai alat dan bahan yang kurang lengkap, tidak terdapatnya modul praktikum yang akan digunakan sebagai bahan panduan dalam melakukan praktikum, yang menyebabkan kesulitan seorang Guru dalam melakukan kegiatan praktikum. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan perlengkapan alat dan bahan-bahan laboratorium Biologi SMA Negeri 4 Pematang Siantar; (2) Untuk menjelaskan cara pengelolaan laboratorium Biologi SMA Negeri 4 Pematang Siantar; (3) Untuk menjelaskan dan menganalisis kemampuan dalam menggunakan alat dan bahan laboratorium Biologi SMA Negeri 4 Pematang Siantar dalam meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Informasi yang dapat diperoleh berdasarkan aspek minat siswa/i terhadap praktikum antara lain bahwa sebagian besar siswa setuju (dan sangat setuju) dengan kegiatan pemanfaatan laboratorium/ praktikum. Persentase siswa/i yang setuju mencapai 86,96%. Siswa merasa praktikum penting untuk dilaksanakan meskipun terkadang siswa masih bingung ketika menghubungkan materi pembelajaran di kelas dengan materi praktikum. Aspek yang kedua adalah keadaan laboratorium, yang berisi penilaian terhahap kondisi laboratorium, keadaan alat dan bahan, jumlah alat yang tersedia dan lain-lain. Pada penelitian ini, 78,26 % siswa menganggap bahwa kondisi laboratorium jurusan biologi masih kurang ideal. Hasil penelitian deskriptif menyimpulkan bahwa: Berdasarkan bagian minat siswa/i pada kegiatan laboratorium menyatakan bahwa beberapa peserta didik menyatakan antara setuju dan sangat setuju terhadap penggunaan ruangan laboratorium sebagai tempat memperluas pemahaman materi pembelajaran dengan melalui kegiatan praktikum. Dengan demikian, skor dalam bentuk persentase (%) dinyatakan bahwa siswa/i yang menyatakan setuju adalah sekitar 86,96%. Siswa merasa praktikum itu sangat penting dilakukan, walaupun terdapat beberapa siswa tersebut sulit dalamm menghubungkan mengaitkan materi berupa penjelasan atau teori waktu di ruangan kelas dengan materi percobaaan atau praktikum.
References
Harefa, D., Efrata Ge’e, Kalvintinus Ndruru, Mastawati Ndruru, Lies Dian Marsa Ndraha, Tatema Telaumbanua, Murnihati Sarumaha, & Fatolosa Hulu. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Ipa Di Sma Negeri 1 Lahusa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 105–122. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2062
Mastika, I. N., Adnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. N. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.
Novianti, N. R. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran (Penelitian pada SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat). Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 154–163.
Pd, S., & Pd, M. (2018). Jp3 Volume 1 Nomor 1. 1(September).
Selatan, S. N., Nari-nari, P., Telukdalam, P., Selatan, N., Pendidikan, D., Stkip, M., & Selatan, N. (2019). (8,676) > F. 13(10), 1773–1786.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suryadi Hotma Roganda Mahulae, Mastiur Verawaty Silalahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).