Analisis Standardisasi Laboratorium Biologi di SMAS Kampus Nommensen
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i4.21Keywords:
Standardisasi, laboratorium, SMAS Kampus NommensenAbstract
Standardisasi adalah sebagai tolak ukur yang digunakan sebagai referensi untuk mencapai konsistensi dan digunakan juga sebagai acuan standaritas dari suatu objek penentuan karakteristik pada objek tersebut. Laboratorium disebut sebagai sarana yang cukup penting untuk menunjang proses pembelajaran. Peneliti menemukan ada beberapa persoalan tentang standardisasi laboratorium yang menunjukan tentang standard pendidikan nasional adalah sebagai berikut: standard isi, standard proses, standard kompetensi kelulusan, standard pendidik dan tenaga kependidikan, standard sarana dan prasarana, standard pengelolaan, standard pembiayaan dan standard penilaian pendidikan. kompetensi tenaga laboratorium yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standardisasi laboratorium SMAS Kampus Nommensen untuk mendukung sebuah progres pengimplementasian kurikulum merdeka. Ada juga manfaat penelitian ini yaitu untuk guru, siswa, sekolah dan dunia pendidikan secara umum, termasuk peningkatan mutu pembelajaran dan pengakuan kompetensi laboratorium. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari angket laboratorium yang dibagikan secara langsung menganalisis standardisasi laboratorium biologi dengan kategori yang di tentukan dari 20 pernyataan, diperoleh total dengan kategori 5 (Sangat Setuju) totalnya ada 40,3%, kategori 4 (Setuju) totalnya adalah 36,6%, kategori 3 (Biasa) totalnya ada 14,5%, Kategori 2 (Tidak Setuju) totalnya adalah 6,2% dan kategori 1 (Sangat Tidak Setuju) totalnya ada 1,2%
References
Adilah, M. (2021). No Title. 21(2), 195–207.
Akuntansi, P. (2020). Jurnal Umum. 3(2017), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Mastika, I. N., Adnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. N. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.
Wonogiri, S. M. A. N. (2013). Unnes Journal of Biology Education. 2(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Febby Zilvania Saragih, Mastiur Verawaty Silalahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).