Analisis Standardisasi Laboratorium Biologi di SMAS Kampus Nommensen

Authors

  • Febby Zilvania Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/sj.v1i4.21

Keywords:

Standardisasi, laboratorium, SMAS Kampus Nommensen

Abstract

Standardisasi adalah sebagai tolak ukur yang digunakan sebagai referensi untuk mencapai konsistensi dan digunakan juga sebagai acuan standaritas dari suatu objek penentuan karakteristik pada objek tersebut. Laboratorium disebut sebagai sarana yang cukup penting untuk menunjang proses pembelajaran. Peneliti menemukan ada beberapa persoalan tentang standardisasi laboratorium yang menunjukan tentang standard pendidikan nasional adalah sebagai berikut: standard isi, standard proses, standard kompetensi kelulusan, standard pendidik dan tenaga kependidikan, standard sarana dan prasarana, standard pengelolaan, standard pembiayaan dan standard penilaian pendidikan. kompetensi tenaga laboratorium yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standardisasi laboratorium SMAS Kampus Nommensen untuk mendukung  sebuah progres pengimplementasian kurikulum merdeka. Ada juga manfaat penelitian ini yaitu untuk guru, siswa, sekolah dan dunia pendidikan secara umum, termasuk peningkatan mutu pembelajaran dan pengakuan kompetensi laboratorium. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari angket laboratorium yang dibagikan secara langsung menganalisis standardisasi laboratorium biologi dengan kategori yang di tentukan dari 20 pernyataan, diperoleh total dengan kategori 5 (Sangat Setuju) totalnya ada 40,3%, kategori 4 (Setuju) totalnya adalah 36,6%, kategori 3 (Biasa) totalnya ada 14,5%, Kategori 2 (Tidak Setuju) totalnya adalah 6,2% dan kategori 1 (Sangat Tidak Setuju) totalnya ada 1,2%

References

Adilah, M. (2021). No Title. 21(2), 195–207.

Akuntansi, P. (2020). Jurnal Umum. 3(2017), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Mastika, I. N., Adnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. N. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.

Wonogiri, S. M. A. N. (2013). Unnes Journal of Biology Education. 2(3).

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Saragih, F. Z., & Silalahi, M. V. (2024). Analisis Standardisasi Laboratorium Biologi di SMAS Kampus Nommensen. Scientificum Journal, 1(4), 179–191. https://doi.org/10.37985/sj.v1i4.21

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)