Pemahaman Mendalam Terhadap Teori-Teori Belajar Utama
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i3.16Keywords:
Kata Kunci: Analisis Pustaka, Pembelajaran, Teori.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembahasan lebih dalam terkait teori teori belajar dan pembelajaran dalam perspektif pustaka, melihat dimasa sekarang ini banyaknya orang yang hanya belajar dan mengajar tanpa mengetahui teori pembelajaran yang dilaksanakannya, maka peneliti berencana untuk membahas lebih dalam hal ini dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode analisis pustaka, yakni dengan membaca buku-buku terkait dengan teori pembelajaran dan kemudian menjadikannya rujukan dalam penulisan ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa teori pembelajaran terbagi menjadi 4; yaitu humanistik, konstruktivisme, behaviorisme dan kognitif.
References
Alizamar. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. In Media Akademi.
Budiningsih, A. (2008). Teori Belajar dan Motivasi.
Hamid, K. A. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran (kedua); FR Dongoran.
Lubis, M. S. (2016). Teori Belajar dan Pembelejaran. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (pp. 0–74).
Miswar, M. (2018). Teori Pembelajaran Cbsak Sebagai Sebuah Teori Alternatif. Jurnal Basicedu, 1(2), 33–41. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.4
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Rosnawati, G. W. &. (2021). Teori-Teori Pembelajaran dan Pembelajaran.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hafizotun Khotimah Siregar, Rahmad Idris Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).