Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Open Ended di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.1Keywords:
Berpikir kritis, model pembelajaran open endedAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada Volume kubus dan balok siswa kelas V UPT SD Negeri 011 Sungai Jalau Hal tersebut dapat dilihat dari soal yang dikerjakan siswa, yaitu dibawah nilai 70. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembalajaran open ended pada pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subyek pada seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data : tes, observasi, angket dan dokumentasi. Siklus I sebesar 47,82% meningkat, siklus lI menjadi 82,60% secara klasikal. Berdasarkan penelitian ini, terkait dengan variabel kemampuan berpikir kritis menggunakan model open ended dikatakan meningkatkan, sehubung dengan itu, dapat dikatergorikan bahwa berpikir rasional dalam memecahkan masalah yang diimbangi dengan bertanggung jawab atas resiko atau permasalahan dengan penyelesaian terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Scientificum Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).