Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Open Ended di Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmadatun Agustina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.1

Keywords:

Berpikir kritis, model pembelajaran open ended

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada Volume kubus dan balok siswa kelas V UPT SD Negeri 011 Sungai Jalau Hal tersebut dapat dilihat dari soal yang dikerjakan siswa, yaitu dibawah nilai 70. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembalajaran open ended pada pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subyek pada seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data : tes, observasi, angket dan dokumentasi. Siklus I sebesar 47,82% meningkat, siklus lI menjadi 82,60% secara klasikal.  Berdasarkan penelitian ini, terkait dengan variabel kemampuan berpikir kritis menggunakan model open ended dikatakan meningkatkan, sehubung dengan itu, dapat dikatergorikan bahwa berpikir rasional dalam memecahkan masalah yang diimbangi dengan bertanggung jawab atas resiko atau permasalahan dengan penyelesaian terbuka

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Agustina, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Open Ended di Sekolah Dasar . Scientificum Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.1

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.