Penguatan Nilai-Nilai Kristiani dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMTK Kota Soe

Authors

  • Kristian E.Y.M. Afi FKIPK-IAKN Kupang , Indonesia
  • Maglon Ferdinand Banamtuan FKIPK-IAKN Kupang, Indonesia
  • Doni Ariani Leowandri Liu FKIPK-IAKN Kupang, Indonesia
  • Deviana Sibulo FKIPK-IAKN Kupang , Indonesia
  • Fidelia Marhsa Sodak FKIPK-IAKN Kupang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/sj.v1i6.44

Keywords:

nilai kristiani, kurikulum merdeka belajar

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penguatan nilai-nilai kristiani dalam kurikulum merdeka belajar di Sekolah Menengah Teologi Kristen Kota Soe. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Lokasi penelitian ini yakni sekolah menengah tologi kristen soe, subyek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Maka hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Kurikulum Merdeka Belajar memberikan ruang yang lebih luas bagi integrasi nilai-nilai Kristiani dalam proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, proyek berbasis masalah, dan pengembangan karakter menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai Kristiani seperti kasih, iman, dan pelayanan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi, seperti kurangnya sumber daya yang memadai dan kebutuhan akan pengembangan kapasitas guru.

 

References

Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi penelitian dasar bidang pendidikan. eprints.umsida.ac.id. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/2907/

Aswar, A. (2023). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Sikap Toleransi (Studi Kearifan Lokal Masyarakat Desa Embonatana Kecamatan Seko). repository.iainpalopo.ac.id. Retrieved from http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7707/1/SKRIPSI ASWAR2.pdf

Darlin, Y., Kristiawan, R., & Saputra, R. C. (2021). Nilai-nilai Kehidupan Kristiani Menurut Kisah Para Rasul 4: 32-37. JOURNAL of THEOLOGICAL Retrieved from https://jurnal.sttkao.ac.id/index.php/ JTS/article/view/109

Edison, T. (2018). Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani. Bandung: Kalam Hidup.

Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan. Retrieved from https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/16228

Laia, S., Sory, P., & Tapilaha, S. R. (2024). Menjelajahi Fenomena Sosial Dalam Pendididkan Dan Teologi: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen …. Retrieved from https://journal.aripafi.or.id/index.php/jbpakk/article/view/203

Lakada, R., Tulung, J. M., & ... (2021). Model bimbingan guru pendidikan agama Kristen dalam pendidikan karakter kristiani siswa di sma negeri 1 Tamako kabupaten kepulauan Sangihe. … Ilmiah Wahana Pendidikan. Retrieved from http://jurnal.peneliti.net/index.php/ JIWP/ article/view/612

Langi, W. L. (2022). Peran Guru Agama Kristen Dalam Penguatan Nilai Religius Siswa Dalam Lingkup Pendidikan di SDN 2 Sopai Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Retrieved from https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/1923

Lubis, M. R., & Windarti, M. T. (2024). Pendidikan Multikultural Berdasarkan Nilai-Nilai Kristiani (Galatia 5: 22-23) Suatu Upaya Penguatan Identitas Bangsa. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Retrieved from https://journal.aripafi.or.id/index.php/jbpakk/article/view/343

Marisa, G. (2023). Karakter Berdasarkan Nilai-Nilai Agama: Peran Guru PAUD Kristen Dalam Pembentukan Karakter Berdasarkan Nilai-Nilai Agama. Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini. Retrieved from https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/montessori/article/view/1510

Muthoharoh, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasinya. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. Retrieved from http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/310

Pakpahan, B. A. S., Simanungkalit, L. N., Simanjuntak, J. A., (2023). Penguatan nilai-nilai iman kristiani melalui optimalisasi lembaga pendidikan agama: Sebuah studi persepsi dan ekspektasi program studi magister …. KURIOS (Jurnal Teologi Dan ….

Picanussa, B. E. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristiani. Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama. scholar.archive.org.

Saragih, D. R. P., Simatupang, J. D., (2023). Pendidikan nilai-nilai kristen dalam membangun budaya yang menghormati keberagaman bagi masyarakat plural. … : Journal Didache of …. Retrieved from https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/dis/article/view/187

Simanjuntak, P., & Aritonang, H. D. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Kristiani Dalam Lingkungan Masyarakat Heterogen. Sinar Kasih

Simanjuntak, R. (2019). Pentingnya Penerapan Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter bagi Terciptanya Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Teruna Bhakti. Retrieved from https://e-journal.stakterunabhakti.ac.id/index.php/teruna/article/view/17

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. digilib.unigres.ac.id. Retrieved from https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43

Sujiyono, B. (2020). Penguatan Nilai-Nilai Kristiani Melalui Interaksi Sosial Bagi Peserta Didik. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama

Sumual, F. J. N., & Palempung, F. F. (2021). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lentera Nusantara.

Supriyadi, D., & Waruwu, K. M. (2022). Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Menanamkan Nilai Moderasi Beragama bagi Peserta Didik. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Retrieved from https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/146

Telaumbanua, A. H. N. (2020). Peran guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa di era industri 4.0. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Retrieved from http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/243

Wibowo, A., & Widiastuti, H. (2023). PERAN GURU DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI KASIHAN. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/7974

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Afi, K. E., Banamtuan, M. F., Leowandri Liu, D. A., Sibulo, D., & Sodak, F. M. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Kristiani dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMTK Kota Soe. Scientificum Journal, 1(6), 277–290. https://doi.org/10.37985/sj.v1i6.44

Issue

Section

Articles

Citation Check