Penguatan Nilai-Nilai Kristiani dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMTK Kota Soe
DOI:
https://doi.org/10.37985/sj.v1i6.44Keywords:
nilai kristiani, kurikulum merdeka belajarAbstract
Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penguatan nilai-nilai kristiani dalam kurikulum merdeka belajar di Sekolah Menengah Teologi Kristen Kota Soe. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Lokasi penelitian ini yakni sekolah menengah tologi kristen soe, subyek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Maka hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Kurikulum Merdeka Belajar memberikan ruang yang lebih luas bagi integrasi nilai-nilai Kristiani dalam proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, proyek berbasis masalah, dan pengembangan karakter menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai Kristiani seperti kasih, iman, dan pelayanan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi, seperti kurangnya sumber daya yang memadai dan kebutuhan akan pengembangan kapasitas guru.
References
Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi penelitian dasar bidang pendidikan. eprints.umsida.ac.id. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/2907/
Aswar, A. (2023). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Sikap Toleransi (Studi Kearifan Lokal Masyarakat Desa Embonatana Kecamatan Seko). repository.iainpalopo.ac.id. Retrieved from http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7707/1/SKRIPSI ASWAR2.pdf
Darlin, Y., Kristiawan, R., & Saputra, R. C. (2021). Nilai-nilai Kehidupan Kristiani Menurut Kisah Para Rasul 4: 32-37. JOURNAL of THEOLOGICAL Retrieved from https://jurnal.sttkao.ac.id/index.php/ JTS/article/view/109
Edison, T. (2018). Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani. Bandung: Kalam Hidup.
Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan. Retrieved from https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/16228
Laia, S., Sory, P., & Tapilaha, S. R. (2024). Menjelajahi Fenomena Sosial Dalam Pendididkan Dan Teologi: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen …. Retrieved from https://journal.aripafi.or.id/index.php/jbpakk/article/view/203
Lakada, R., Tulung, J. M., & ... (2021). Model bimbingan guru pendidikan agama Kristen dalam pendidikan karakter kristiani siswa di sma negeri 1 Tamako kabupaten kepulauan Sangihe. … Ilmiah Wahana Pendidikan. Retrieved from http://jurnal.peneliti.net/index.php/ JIWP/ article/view/612
Langi, W. L. (2022). Peran Guru Agama Kristen Dalam Penguatan Nilai Religius Siswa Dalam Lingkup Pendidikan di SDN 2 Sopai Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Retrieved from https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/1923
Lubis, M. R., & Windarti, M. T. (2024). Pendidikan Multikultural Berdasarkan Nilai-Nilai Kristiani (Galatia 5: 22-23) Suatu Upaya Penguatan Identitas Bangsa. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Retrieved from https://journal.aripafi.or.id/index.php/jbpakk/article/view/343
Marisa, G. (2023). Karakter Berdasarkan Nilai-Nilai Agama: Peran Guru PAUD Kristen Dalam Pembentukan Karakter Berdasarkan Nilai-Nilai Agama. Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini. Retrieved from https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/montessori/article/view/1510
Muthoharoh, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasinya. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. Retrieved from http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/310
Pakpahan, B. A. S., Simanungkalit, L. N., Simanjuntak, J. A., (2023). Penguatan nilai-nilai iman kristiani melalui optimalisasi lembaga pendidikan agama: Sebuah studi persepsi dan ekspektasi program studi magister …. KURIOS (Jurnal Teologi Dan ….
Picanussa, B. E. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristiani. Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama. scholar.archive.org.
Saragih, D. R. P., Simatupang, J. D., (2023). Pendidikan nilai-nilai kristen dalam membangun budaya yang menghormati keberagaman bagi masyarakat plural. … : Journal Didache of …. Retrieved from https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/dis/article/view/187
Simanjuntak, P., & Aritonang, H. D. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Kristiani Dalam Lingkungan Masyarakat Heterogen. Sinar Kasih
Simanjuntak, R. (2019). Pentingnya Penerapan Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter bagi Terciptanya Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Teruna Bhakti. Retrieved from https://e-journal.stakterunabhakti.ac.id/index.php/teruna/article/view/17
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. digilib.unigres.ac.id. Retrieved from https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43
Sujiyono, B. (2020). Penguatan Nilai-Nilai Kristiani Melalui Interaksi Sosial Bagi Peserta Didik. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama
Sumual, F. J. N., & Palempung, F. F. (2021). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lentera Nusantara.
Supriyadi, D., & Waruwu, K. M. (2022). Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Menanamkan Nilai Moderasi Beragama bagi Peserta Didik. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Retrieved from https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/146
Telaumbanua, A. H. N. (2020). Peran guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa di era industri 4.0. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Retrieved from http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/243
Wibowo, A., & Widiastuti, H. (2023). PERAN GURU DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI KASIHAN. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/7974
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Kristian E.Y.M. Afi, Maglon Ferdinand Banamtuan, Doni Ariani Leowandri Liu, Deviana Sibulo, Fidelia Marhsa Sodak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).